Rabu, 01 Juli 2015

Pengaruh Manajemen Pemasaran ( Marketing) 
dalam Mensukseskan Suatu Usaha



oleh :   

Nonik Maelanie (1305510150)
nonikmaelan20@gmail.com


PROGRAM STUDI S1 MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNISBANK SEMARANG
2015


A. PENDAHULUAN
Manajemen Pemasaran dan Marketing merupakan salah satu bagian dari perusahaan yang memiliki peran penting dalam menentukan kemajuan perusahaan tersebut. Sebab, bidang ini memiliki fungsi untuk menghasilkan pemasukan bagi perusahaan. semakin besar pemasukan yang berhasil dicapai, maka perusahaan akan makin berkembang dan demikian pula sebaliknya.

B. TUJUAN PENULISAN
Tujuan makalah ini adalah untuk memahami tentang :
1.Pengertian Manajemen Pemasaran
2.Pengertian Pemasaran atau Marketing
3.Fungsi Manajemen Pemasaran
4.Tips Mensukseskan Pemasaran Bisnis
5.Tanggung jawab Manajer Pemasaran
6.Peran Pemasaran dalam Masyarakat
7.Tujuan Pemasaran
8.Hal-hal yang Perlu Diperhatikan untuk Pemasaran.

C. PEMBAHASAN
1.  Pengertian Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan( yang terdiri dari kegiatan mengorganisaikan, mengarahkan, mengkoordinir ) serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efesien dan efektif.

    2. Pengertian Pemasaran atau Marketing 
Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan masyarakat. 
   3. Fungsi Manajemen Pemasaran
Ø Sebagai bagian yang memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat, melalui produk yang dibuat oleh perusahaan tersebut. Peran ini disebut sebagai peran promosi.
Ø Marketing bertugas menghasilkan pemasukan bagi perusahaan dengan cara menjual produk perusahaan tersebut. Peran ini adalah salah satu dari fungsi marketing di bidang sales.
Ø Divisi marketing berperan menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan masyarakat serta menjadi jembatan antara perusahaan dan lingkungan eksternal. Hal ini dilakukan sebagai perwujudan konsep marketing communication.
Ø Marketing memiliki tugas untuk menyerap informasi dan menyampaikan kepada perusahaan tentang segala sesuatu yang bermanfaat untuk mendukung peningkatan kualitas dan penjualan produk. Hal ini adalah peran marketing di bidang riset dan pengembangan. 
4.  Tips Mensukseskan Pemasaran Bisnis
 Pertama, dengarkan konsumen dan pahami kebutuhan mereka. Sebagian besar konsumen akan merasa senang apabila mereka diperhatikan dengan baik oleh para pelaku usaha. Karena itu, sebisa mungkin dengarkan keinginan maupun keluhan yang mereka sampaikan dan pahami kebutuhan yang mereka cari. Dengan menciptakan kebutuhan yang mereka cari, tidak menutup kemungkinan bila konsumen akan semakin loyal dengan produk ataupun jasa yang ditawarkan.
Kedua, bangun komunikasi pemasaran yang efektif. Komunikasi merupakan salah satu kunci utama dalam dunia pemasaran. Segala macam produk maupun jasa dapat diterima pasar apabila kita menginformasikannya dengan komunikasi yang baik dan menarik. Faktor inilah yang membuat komunikasi pemasaran sangat dibutuhkan untuk menarik perhatian konsumen, meningkatkan minat dan meyakinkan konsumen agar segera mengambil keputusan dan mencari informasi lebih lanjut tentang produk serta jasa yang ditawarkan.
Marketing bisnis juga akan berjalan lancar dengan menerapkan tips ketiga, yaitu berusaha mengikuti perkembangan teknologi. Sekarang ini tidak hanya pemasaran tradisional yang disukai para konsumen. Bahkan bisa dikatakan konsumen sudah mulai bosan dengan strategi pemasaranjadul (jaman dulu) yang sering dijalankan para sales produk, sehingga sebagai pelaku pasar kita harus pintar-pintar mengikuti perkembangan teknologi yang belakangan ini marak digunakan masyarakat. Misalnya saja seperti mengandalkan media online(website) untuk mempromosikan produk, menggunakan situs jejaring sosial (facebook atau twitter) untuk menjangkau pasar yang lebih luas, serta masih banyak lagi marketing trends lainnya yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan penjualan.
Keempat, butuh testimoni atau pengakuan langsung dari para pelanggan. Terkadang calon konsumen lebih mudah percaya terhadap suatu produk maupun jasa yang direkomendasikan langsung oleh kerabat maupun teman dekat yang ada di sekitar mereka. Pengakuan dari para pelanggan yang sudah mendapatkan kepuasan dari produk atau jasa kita, memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga tidak heran bila mereka semakin yakin untuk membeli atau menggunakan produk maupun jasa yang kita tawarkan.
5.  Tanggung jawab Manajer Pemasaran dalam Suatu Organisasi
ü Merencanakan strategi pemasaran. 
ü Mengadakan pembinaan dan pengembangan jalur pemasaran. 
ü Menyelenggarakan riset pasar  
ü Mengkoordinasikan proses penawaran dengan fungsi terkait. 
ü Menyajikan informasi harga perkiraan dari pemilik/pesaing. 
6. Peran Pemasaran dalam Masyarakat
Ø Perekonomian akan semakin berkembang apabila arus barang mengalir lancar dari produsen ke konsumen. Peningkatan kegiatan masyarakat produsen dan kesinambungan antara permintaan masyarakat konsumen dan penawaran masyarakat produsen.
Ø Pemasaran saat ini menempatkan fokus yang kuat pada pemasaran berorientasi pelanggan.
Ø Pemasaran berperan penting dalam masyarakat dan mempengaruhi kehidupan sehari-hari, menawarkan peluang yang luar biasa sebagai profesional
7. Tujuan Pemasaran
Ø Konsumen mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.  
Ø Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya. 
Ø Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
8. Hal-hal yang Perlu Diperhatikan untuk Pemasaran :
a. Dari sudut pandang penjual :
Tempat yang strategis (place), 
Produk yang bermutu (product), 
Harga yang kompetitif (price), dan 
Promosi yang gencar (promotion). 
b. Dari sudut pandang pembeli :
Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
Biaya konsumen (cost to the customer), 
Kenyamanan (convenience), dan 
Komunikasi (comunication). 

D. PENUTUP
Dari penjelasan diatas disimpulkan bahwa Peran Manajemen Pemasaran (Marketing) bisnis penting dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis yang sedang kita jalankan.Marketing bisnis akan sangat bermanfaat ketika kita serius membangunnya. Pesatnya pertumbuhan bisnis di Indonesia ternyata bukan hanya menyerap jumlah tenaga kerja yang cukup banyak, namun juga diiringi persaingan pasar yang semakin hari semakin ketat. Kondisi inilah yang sekarang ini memaksa sebagian besar pelaku usaha untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan strategi pemasaran bisnisnya.
Hal ini cukuplah penting, sebab tanpa strategi pemasaran yang unik, bisa dipastikan bila bisnis yang kita jalankan akan tenggelam di tengah ketatnya persaingan pasar dan gagal mencapai target penjualan yang ditentukan perusahaan. Oleh karena itu, dalam mengembangkan sebuah usaha, diperlukan tips pemasaran bisnis yang disukai oleh para pelanggan agar produk yang ditawarkan laris manis di pasaran.

E. REFERENSI
http://infoduit.com/tips-mensukseskan-marketing-bisnis
http://lydia14211185.wordpress.com/2011/11/06/catatan-perkuliahan-1-peranan-pemasaran-dalam-perusahaan-dan-masyarakat/
http://adlanesa.blogspot.com/2011/10/peran-pemasaran-dalam-perusahaan-dan.
htmlhttp://dutapraja.blogspot.com/2012/09/fungsi-marketing-dalam-perusahaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar